Melihat judul yang saya gunakan ini mungkin terlalu berlebihan dan premature, tapi eeits… jangan marah dulu buat para V-Ixion mania, tujuannya saya menulis ini tidaklah untuk mendiskreditkan sang Hero.
Yups… hanya ungkapan kata sang Hero yang cocok diberikan sebagai tanda jasa kepada V-Ixion yang telah membawa Yamaha menguasai pasar motor sports di Indonesia.
Sejak peluncurannya pada tahun 2007, V-Ixion telah mampu memikat masyarakat akan produk ini, apalagi pada tahun 2010 semester I. Berdasarkan data dari AISI, pada periode ini Yamaha V-Ixion menguasai pasar motorsports sebesar 43,58%, yaitu dua kali lipat dari penjualan rival terberatnya Honda Mega Pro.
Yamaha melalui V-Ixion memberikan terobosan yang cukup jitu, dimana dengan harga yang bersaing ia mampu memberikan fitur teknologi yang lebih baik dari para pesaingnya.
Memasuki semester II tahun ini, Yamaha meluncurkan produk barunya yaitu Byson yang memiliki prospek cukup cerah, tapi disini yang jadi pertanyaan dengan kapasitas mesin yang sama, sebesar 150 cc membuat byson dan V-Ixion memiliki kelas yang sederajat, selanjutnya akankah trend center dari V-Ixion akan beralih ke Byson?.
Pertanyaan diatas secara real pastinya belum bisa dijawab karena butuh experience dan fakta dilapangan. Namun disini saya mencoba memberikan sedikit sekali penjelasan mengenai maincompare produk dari dua varian ini.
Menurut pandangan saya, V-Ixion yang telah diluncurkan selama 3 tahun, lebih mendapat kepercayaan dimata masyarakat, sehingga brand image yang dimiliki sangat kuat. Namun jika melihat trend dan keadaan sekarang, maka bisa jadi Byson alternatif terbaik dari Yamaha nantinya. Karena revolusi yang telah dilakukan rival terberatnya New Mega Pro, membuat Byson dan New Mega Pro saat ini seperti sebelas-duabelas, sehingga dapat menciptakan mainstream masyarakat akan trend produk ini.
Untuk selanjutnya disisi kemudahan pemeliharaan, Yamaha Byson lebih mengungguli, karena masih menggunakan teknologi karburator. Maklum teknologi fuel injection yang dipakai V-Ixion memang terbaik, tapi saat ini masih sulit diadopsi mengingat hanya bengkel besar saja yang memiliki Diagnostic Tool.
Dan terakhir dari sisi style, Yamaha byson lebih memiliki karakter yang lebih baik ala street fighter jika dibandingkan V-Ixion. Hal ini didukung dengan bentuk body dan ban yang lebih gambot serta lebih mudah dimodifikasi seperti moge.
Berdasarkan paparan diatas dapat disimpulkan bahwa Yamaha Byson memiliki prospek yang lebih baik jika dibandingkan dengan V-Ixion. Selanjutnya hal yang paling utama nampak terlihat adalah kalau kedua varian dari Yamaha ini dapat saling mengisi kekurangan yaitu V-Ixion menjual teknologi dan Byson menawarkan Style yang tinggi.